Sunday 15 February 2015

Sektor Peternakan, Mesin Penggerak Pembangunan Nasional

Peternakan adalah kegiatan mengembangbiakkan dan membudidayakan hewan ternak untuk mendapatkan manfaat dan hasil dari kegiatan tersebut. Tujuan peternakan adalah mencari keuntungan dengan penerapan prinsip-prinsip manajemen pada faktor-faktor produksi yang telah dikombinasikan secara optimal. Salah satu parameter yang dapat dipergunakan untuk mengukur keberhasilan suatu usaha adalah tingkat keuntungan yang diperoleh dengan cara pemanfaatan faktor-faktor produksi secara efisien.
Pengertian produksi itu sendiri adalah suatu kegiatan mengolah atau menambah nilai guna suatu barang menjadi barang setengah jadi ataupun barang jadi. Pelaku bisnis peternakan ayam petelur sering dihadapkan pada situasi dimana ayam petelurnya tidak mampu berproduksi secara optimal. Hasil penelitian Sumartini (2004) menemukan bahwa rendahnya pendapatan, cenderung sebagai akibat kurang transparannya dalam penentuan harga kontrak baik harga input maupun harga output. Biaya produksi yang timbul akibat adanya kegiatan produksi, mempengaruhi perolehan keuntungan para peternak. Dalam penelitian Rita Yunus (2009) mengatakan bahwa kombinasi penggunaan faktor-faktor produksi diusahakan sedemikian rupa agar dalam jumlah tertentu menghasilkan produksi maksimum dan keuntungan tertinggi.

Pemberian pakan terhadap ternak merupakan faktor utama dalam menentukan hasil produksi. Pakan ayam merupakan biaya variabel terbesar yaitu > 60% dari total biaya produksi. Dengan adanya permasalahan yang timbul akibat naiknya harga pakan, maka secara otomatis biaya produksi akan mengalami kenaikan. Dampak kenaikan harga produksi akan berpengaruh terhadap harga jual telur di pasaran. Selain itu, komposisi pakan yang tidak sesuai dengan kebutuhan ayam berdasarkan tingkat umur, serta takaran atau campuran pakan ayam akan mengakibatkan ketidakseimbangan dalam proses produksi. Pemberian jumlah pakan yang tidak sesuai dengan standar kebutuhan ayam petelur, akan menyebabkan kerugian dalam bentuk peningkatan biaya produksi pakan ataupun penurunan produksi telur, contohnya : ayam yang berumur 25 minggu (dalam masa puncak produksi) normalnya diberikan 125 gram pakan per hari, jika ayam diberi makan lebih dari standarnya akan mengakibatkan penambahan biaya pakan namun untuk produksi telurnya tetap dan sebaliknya apabila pemberian pakan kurang dari standarnya akan mengakibatkan penurunan jumlah produksi.
Dalam mengelola usaha peternakan ayam, tiap peternak harus memahami unsur penting dalam produksi, yaitu ; breeding (pembibitan), feeding (pakan ternak), atau manajemen (pengelolaan usaha peternakan). Pengelolaan dan pemeliharaan ayam petelur membutuhkan penanganan khusus dan sangat penting untuk diperhatikan karena dengan pemeliharaan yang baik akan menghasilkan pertumbuhan ayam yang baik, kondisi ayam yang sehat, tingkat mortalitas yang rendah dan pada akhirnya akan menghasilkan ayam petelur dengan produksi telur yang tinggi. Keterbatasan pengetahuan peternak dalam memelihara ternaknya menjadi sebuah permasalahan dalam sektor peternakan. Pemberian vaksinasi dan komposisi pakan yang harus sesuai dengan umur ternak, waktu dalam pemberian makan ternak sesuai dengan kebutuhan ternak, perawatan dan mengurus kandang untuk menjaga kesehatan ayam dan kebersihan kandang, merupakan dasar dari pengetahuan peternak ayam petelur.
Pada saat ini pengembangan bidang peternakan semakin menjadi perhatian penting karena adanya program diversifikasi pangan untuk meningkatkan kualitas gizi masyarakat yang mana dalam kaitan ini peternakan merupakan sumber produksi pangan berkualitas tinggi, adanya permintaan konsumsi masyarakat akan produk peternakan masih jauh melebihi persediaan yang ada dan yang terakhir yaitu usaha ternak di pedesaan mampu memberikan tambahan pendapatan dan lapangan pekerjaan bagi keluarga petani dan masyarakat. Namun sektor peternakan pernah mengalami penurunan disaat perekonomian Indonesia di landa krisis moneter dan virus flu burung.
Menurut artikel Ilham Patu (2010), bahwa di Indonesia virus flu burung (H5N1) tersebut menyerang ternak ayam sejak bulan Oktober 2003 sampai dengan Februari 2005 yang mengakibatkan 14,7 juta ayam mati. Penyakit ini menimbulkan kematian yang sangat tinggi (hampir 90 %) pada beberapa peternakan dan menyebabkan kerugian ekonomi yang besar bagi peternak karena minat masyarakat untuk mengkonsumsi hasil peternakan seperti daging ataupun telur ayam menjadi berkurang. Selain itu krisis moneter juga mempengaruhi usaha ternak ayam petelur, dimana pada masa itu terjadi gejolak harga yang cukup signifikan, sehingga biaya produksi meningkat tajam sementara konsumsimasyarakat semakin menurun dan daya beli masyarakat menjadi semakin terbatas.
Sektor perternakan merupakan salah satu sektor penyedia pangan utama untuk menopang pertumbuhan industri. Hingga saat ini sektor perternakan sebagai mesin penggerak pembangunan nasional maupun daerah memegang peranan penting dalam perekonomian masyarakat.

Comments
0 Comments

0 komentar:

Post a Comment

Tinggalkan Komentar anda di Sini